Monumen & Tugu Peringatan Pengubah Amerika

Monumen & Tugu Peringatan Pengubah Amerika – Untuk negara yang tentunya begitu muda, Amerika Serikat telah dipenuhi dengan monumen dan tugu peringatan kemenangan besar dan jam-jam tergelap dalam bangsa. Dan sementara banyak yang cantik dalam hak mereka sendiri, beberapa menghadapi topik etika, moral, dan perpecahan sejarah. PBS seri 10 That Changed America menangani beberapa negara yang paling terkenal, seperti Lincoln Memorial dan Patung Liberty, serta yang kurang terkenal, seperti Robert Gould Shaw dan 54th Resiment Memorial, dan berikut ini dirangkum beberapa monumen dan tugu peringatan di sini

1. Bunker Hill Monument, Boston

Monumen & Tugu Peringatan Pengubah Amerika

Pertempuran pertama Perang Revolusi terjadi di Breed’s Hill pada tahun 1775, dan sementara Inggris secara teknis memenangkan pertempuran tersebut, para penjajah membunuh atau melukai 1.000 dari 2.400 pasukan musuh, membuktikan tekad dan keterampilan mereka untuk akhirnya memenangkan perang. Marquis de Lafayette meletakkan batu penjuru monumen Pertempuran Bukit Bunker pada tahun 1825, dan obelisk granit besar akan selesai pada tahun 1842.

2. Statue of Liberty, New York

Lady Liberty adalah salah satu landmark Amerika yang paling ikonik, berjaga-jaga di atas Pelabuhan New York. Patung tembaga ini dirancang oleh pematung Frédéric Auguste Bartholdi dan dibangun oleh Gustave Eiffel sebagai simbol persahabatan antara Amerika Serikat dan Prancis, serta demokrasi. Setelah pengabdiannya pada tahun 1886, patung itu menjadi pemandangan selamat datang bagi para imigran yang berlayar ke New York.

3. Standing Soldiers

Bukan hanya satu patung, tetapi serangkaian lebih dari 2.000 patung yang diproduksi secara massal yang didirikan pada akhir abad ke-19, monumen tentara berdiri yang terlihat di seluruh Amerika Serikat merupakan tanggapan atas kehancuran Perang Saudara, baik di Utara maupun Selatan. Patung-patung itu hampir identik, kecuali detail yang menunjukkan apakah prajurit itu bagian dari Union atau Confederacy, dan dimaksudkan untuk mewakili “orang biasa,” menghormati semua orang yang bertempur dan tidak pernah kembali. Hari ini, prajurit tetap adalah bagian dari kontroversi tentang monumen Konfederasi.

4. Robert Gould Shaw and 54th Regiment Memorial, Boston

Ketika Proklamasi Emansipasi Abraham Lincoln memberikan klausul yang memungkinkan pria Afrika Amerika menjadi sukarelawan untuk tentara Union, ratusan orang mendaftar untuk Resimen ke-54 Massachusetts, yang dipimpin oleh Kolonel Robert Gould Shaw. Meskipun awalnya dia enggan memimpin tentara Afrika-Amerika, Shaw segera belajar untuk menghormati mereka, dan dia meninggal bersama lebih dari 200 anak buahnya di Pertempuran Fort Wagner di Carolina Selatan. Tugu peringatan ini dirancang oleh pematung Augustus Saint-Gaudens, yang membutuhkan waktu 14 tahun untuk menyelesaikan proyek tersebut, dan diresmikan pada tahun 1897.

5. Lincoln Memorial, Washington, D.C.

Dibangun pada tahun 1922, Lincoln Memorial merupakan bagian dari perluasan National Mall. Arsitek Henry Bacon terinspirasi oleh kuil Yunani untuk bangunan yang menampung patung marmer besar presiden ke-16, yang dibuat oleh Daniel Chester French. Situs ini terletak tepat di seberang bekas rumah Jenderal Konfederasi Robert E. Lee, yang terletak di seberang sungai di Virginia, dan sebuah jembatan menghubungkan keduanya. Dengan ketegangan rasial yang semakin tinggi di tahun 20-an, gerakan itu seharusnya menunjukkan penyatuan Utara dan Selatan.

6. Mount Rushmore, Keystone, Dakota Selatan

Monumen & Tugu Peringatan Pengubah Amerika

Dengan munculnya perjalanan darat Amerika yang hebat, sejarawan South Dakota Doane Robinson ingin memberikan alasan kepada pengemudi untuk mengunjungi negaranya, dan muncul dengan ide untuk sebuah monumen raksasa yang diukir di Black Hills. Pematung Gutzon Borglum dipilih untuk merancang karya tersebut, dan dia memilih empat presiden untuk diwakili. Tidak semua orang mendukung keputusan tersebut, terutama suku-suku asli Amerika, yang menganggap patung itu sebagai penodaan tanah suci mereka. Sebagai tanggapan, sebuah monumen berukir besar untuk Crazy Horse, yang akan berdiri lebih tinggi 500 kaki dari kepala Gunung Rushmore, sedang dalam pengerjaan. Dana untuk membangun Gunung Rushmore habis pada tahun 1941, dan monumen tersebut masih belum selesai.

7. Gateway Arch, St. Louis, Missouri

Didesain oleh Eero Saarinen, Gateway Arch adalah monumen Thomas Jefferson dan cita-citanya untuk melakukan ekspansi ke arah barat. Struktur 1965 mengambil langkah menjauh dari monumen neoklasik yang lebih khas pada zaman itu dengan baja tahan karat, bentuk lengkung. Lengkungan itu bukannya tanpa kontroversi, seluruh lingkungan bisnis lokal tepi laut dihancurkan untuk membuka jalan bagi itu.

8. Vietnam Veterans Memorial, Washington, D.C.

Untuk menghormati teman-temannya yang jatuh, veteran Vietnam Jan Scruggs membayangkan sebuah obelisk di jantung kota Washington, D.C., tetapi setelah dia mengumpulkan $ 8 juta untuk monumen tersebut, dia menyerahkan desain monumen itu kepada peserta kompetisi. Maya Lin sarjana arsitektur Yale, kemudian seorang tokoh tak dikenal menang dengan suara bulat. Tugu peringatan abstrak minimalis, yang dibuka pada tahun 1982, mencantumkan nama sekitar 58.000 tentara yang tewas selama perang dan mengundang pengunjung untuk berpartisipasi dalam berduka dan menghormati yang jatuh.

9. AIDS Memorial Quilt

Ketika epidemi AIDS melanda San Francisco pada 1980-an, aktivis Cleve Jones kehilangan lusinan temannya. Selama pawai untuk membantai politisi Harvey Milk, Jones membayangkan peringatan akar rumput bagi mereka yang hilang karena AIDS yang akan berfungsi tidak hanya sebagai kenangan, tetapi juga sebagai seruan publik untuk bertindak untuk mengakui penyakit tersebut dan berjuang untuk penyembuhannya. Hasilnya adalah selimut, simbol rumah dan keluarga, disulam dengan nama-nama almarhum pada panel berukuran peti mati. Selimut ini pertama kali ditampilkan di National Mall di Washington, D.C., pada tahun 1987, dan saat ini, hampir 50.000 panelnya berkeliling dunia.

10. Oklahoma City National Memorial, Oklahoma City, Oklahoma.

Pada tahun 1995 seorang teroris meledakkan bom di Gedung Federal Alfred P. Murrah di Kota Oklahoma, menewaskan 168 orang, termasuk 19 anak-anak. Itu adalah serangan teror paling mematikan di Amerika hingga 9/11. Tim suami-istri Hans dan Torrey Bucher memenangkan kompetisi untuk mendesain tugu peringatan di lokasi serangan, dan rencana mereka termasuk lapangan kursi kosong, satu untuk masing-masing korban; kolam refleksi; dan satu bagian tembok yang rusak dari bangunan itu bertuliskan nama para penyintas. Tugu peringatan dibuka pada 2000, lima tahun setelah pemboman.

11. Our Lady of the Rockies, Butte, Montana

Wanita berikutnya ini tinggal di Butte, Montana, di mana Continental Divide berada. Gambar Bunda Maria berdiri, diterangi, pada ketinggian 90 kaki yang mengesankan, dengan berat lebih dari 80 ton. Ini adalah tengara yang ideal untuk menyaksikan dari dekat dan pribadi selama langit malam berbintang Montana.

12. Golden Driller, Tulsa, Oklahoma

Golden Driller adalah simbol pencarian manusia akan emas hitam, juga dikenal sebagai minyak, selama demam minyak besar-besaran di selatan. Dia adalah lambang kewirausahaan Amerika dan seperti apa pria selatan di tahun 40-an dan 50-an. Dia dilemparkan dari kuningan dan tingginya 40 kaki. Patung Amerika ini sangat populer sehingga dua lagi dari jenisnya dibangun bertahun-tahun kemudian.