Deretan Patung Paling Populer di Dunia

Deretan Patung Paling Populer di Dunia – Dari berbagai patung, patung tertua yang ditemukan sampai saat ini adalah The Lion Man, yang ditemukan pada tahun 1939 di sebuah Goa Jerman. Berusia antara 35.000 dan 40.000 tahun dan termasuk dalam periode prasejarah, atau periode sebelum penemuan tulisan. Patung prasejarah ikonik lainnya adalah Venus of Willendorf, patung berukuran 4,4 inci yang menggambarkan seorang wanita. Itu ditemukan di Austria dan diperkirakan telah diukir antara 24.000 dan 22.000 SM. Patung paling awal dalam daftar adalah Sphinx Agung Giza, patung monumental tertua yang diketahui dari Mesir kuno.

Di Yunani dan Roma kuno, patung sering dibuat untuk menghormati berbagai Dewa atau untuk menunjukkan kebesaran para raja. Venus de Milo, yang menggambarkan dewi cinta dan kecantikan Yunani, mungkin merupakan karya pahatan Yunani kuno yang paling terkenal. Selama masa pemerintahan Kaisar Romawi Constantine (306 – 337 M), agama Kristen mulai beralih ke agama dominan Kekaisaran Romawi dan, seiring waktu, patung Eropa mulai menggambarkan karakter dan cerita Alkitab. Di antara karya seni yang paling terkenal adalah patung David karya seniman Renaisans Donatello dan Michelangelo. Patung modern paling terkenal mungkin adalah The Thinker, yang dibuat oleh seniman Prancis Auguste Rodin. Inilah beberapa patung paling populer di dunia.

1. STATUE OF LIBERTY

Deretan Patung Paling Populer di Dunia

Lokasi: Liberty Island, Manhattan, New York City, New York, A.S.

Pematung: Frederic Auguste Bartholdi

Tahun: 1886

Kebebasan, personifikasi dari konsep kebebasan, telah ada sebagai dewi di banyak budaya. Sejak Revolusi Prancis, sosok Liberty dipandang sebagai simbol Prancis dan Republik Prancis. Patung tembaga terkenal ini merupakan hadiah dari rakyat Perancis untuk rakyat Amerika Serikat. Ini dirancang oleh pematung Prancis Frederic Auguste Bartholdi dan dibangun oleh insinyur sipil Prancis terkenal Gustave Eiffel. Patung Liberty menggambarkan dewi Romawi Libertas memegang obor di atas kepalanya dengan tangan kanannya dan di tangan kirinya dia membawa sebuah tablet yang bertuliskan dalam angka Romawi tanggal Deklarasi Kemerdekaan AS. Sebagai ikon Amerika, Patung Liberty digambarkan pada koin dan perangko negara. Itu juga telah menjadi ikon kebebasan internasional. Itu digambarkan sebagai “masterpiece of the human spirit” dan ditetapkan sebagai UNESCO World Heritage Site pada tahun 1984. Salah satu monumen paling terkenal, Statue of Liberty adalah patung paling terkenal di dunia.

2. DAVID

Lokasi: Accademia Gallery, Florence, Itali

Pematung: Michelangelo

Tahun: 1504

Pada 1501, pemerintah kota Florence menugaskan Michelangelo untuk membuat patung ini sebagai bagian dari rangkaian untuk menghiasi garis atap kubah katedral Florence. Namun, setelah selesai, mereka begitu terpesona oleh keindahannya sehingga diputuskan untuk meletakkannya dalam tampilan luas di sebelah pintu masuk ke Palazzo Vecchio, balai kota Florence. Patung marmer dipindahkan pada tahun 1873 ke Galeri Akademi, sebuah museum seni di Florence. Sebuah replika ditempatkan di lokasi aslinya pada tahun 1910. David Michelangelo kemungkinan besar mewakili pahlawan Injil David setelah dia memutuskan untuk melawan Goliath tetapi sebelum pertarungan yang sebenarnya. Ini tidak seperti penggambaran David Renaissance sebelumnya yang menunjukkan dia setelah pertarungan dan termasuk beberapa bagian dari Goliath raksasa. Michelangelo dengan ahli menggambarkan pahlawan Alkitab dengan alis ditarik, lehernya tegang dan uratnya menonjol dari tangan kanannya yang diturunkan. David adalah patung paling terkenal dari mungkin pematung terhebat sepanjang masa. Ini adalah salah satu karya seni paling terkenal di dunia.

3. VENUS DE MILO

Lokasi: Louvre Museum, Paris, Prancis

Pematung: mungkin Alexandros dari Antiokhia

Tahun: antara 130 SM dan 100 SM

Secara umum dipercaya bahwa patung ini ditemukan pada tanggal 8 April 1820 oleh seorang petani bernama Yorgos Kentrotas. Dia menemukannya berkeping-keping di Milos, sebuah pulau Yunani di Laut Aegea. Patung itu kemudian disajikan kepada Raja Louis XVIII dari Prancis yang kemudian memberikannya ke Louvre, di mana ia dipajang hingga hari ini. Juga dikenal sebagai Aphrodite of Milos, Venus de Milo dianggap mewakili Aphrodite, dewi cinta, kecantikan, kesenangan, dan prokreasi Yunani kuno. Pasangan dewi Romawi untuk Aphrodite adalah Venus. Patung itu diyakini dipahat oleh Alexandros dari Antiokhia, seorang pematung dari periode Helenistik. Terlepas dari misteri yang banyak dibicarakan tentang lengannya yang hilang, ia awalnya dibungkus dengan perhiasan termasuk gelang, anting-anting, dan ikat kepala. Namun semua ini telah lama hilang. Venus de Milo mungkin adalah karya pahatan Yunani kuno yang paling terkenal. Ini telah banyak direferensikan dalam budaya populer dan sangat mempengaruhi seniman modern termasuk Salvador Dali.

4. THE THINKER

Deretan Patung Paling Populer di Dunia

Lokasi: Musee Rodin, Paris, Prancis

Pematung: Auguste Rodin

Tahun: 1904

Auguste Rodin adalah sosok yang menjulang tinggi di bidang seni pahat yang secara luas dianggap sebagai bapak seni pahat modern. Dia awalnya menyusun patung ini sebagai bagian dari sebuah komisi besar, dimulai pada tahun 1880, untuk sebuah pintu yang mengelilingi pintu yang disebut The Gates of Hell. Rodin mendasarkan komisi ini pada The Divine Comedy of Dante dan beberapa kritikus percaya bahwa The Thinker awalnya dimaksudkan untuk menggambarkan Dante. Banyak edisi marmer dan perunggu The Thinker dalam beberapa ukuran dieksekusi selama masa hidup Rodin dan bahkan setelah kematiannya. Namun, versi yang paling terkenal adalah patung perunggu setinggi 1,8 m yang dibuat pada tahun 1904 dan berada di taman Museum Rodin di Paris. Gambar seorang pria yang sedang melamun, tetapi tubuhnya yang kuat menunjukkan kapasitas besar untuk bertindak, telah menjadi salah satu patung paling terkenal yang pernah dikenal. The Thinker awalnya bernama The Poet dan sering digunakan sebagai gambar untuk mewakili filosofi. Ini adalah karya paling terkenal dari pematung modern terhebat.

5. MANNEKEN PIS

Lokasi: Museum of the City of Brussels, Belgia

Pematung: Hieronymus Duquesnoy the Elder

Tahun: 1619

Nama patung ini secara harfiah berarti “orang kecil yang kencing” atau “anak laki-laki yang kencing”. Ini adalah patung perunggu kecil yang menggambarkan seorang bocah lelaki telanjang yang sedang buang air kecil ke dalam baskom air mancur. Hotel ini terletak di pusat kota Brussel di persimpangan jalan Rue du Chene dan pejalan kaki Rue de l’Etuve. Manneken Pis dianggap sebagai lambang semangat pemberontak Brussel dan merupakan salah satu atraksi paling terkenal di kota. Patung ini menjadi penting pada akhir abad ke-17 dan popularitasnya telah berkembang sejak saat itu menjadikannya “objek kemuliaan yang dihargai oleh semua orang dan terkenal di seluruh dunia”. Ada banyak legenda yang terkait dengan Manneken Pis. Dia mengenakan kostum beberapa kali setiap minggu dan lemari pakaiannya terdiri dari sekitar seribu kostum berbeda. Dia telah menerima hadiah dari tuan dan raja dan telah diculik dan diselamatkan beberapa kali. Patung saat ini adalah salinan yang berasal dari tahun 1965. Yang asli disimpan di Museum Kota Brussel.

6. CHRIST THE REDEEMER

Lokasi: Corcovado mountain, Rio de Janeiro, Brasil

Pematung: Paul Landowski

Tahun: 1931

Pada tahun 1921, Roman Catholic Circle di Rio de Janeiro mengusulkan pembangunan patung Yesus Kristus di Gunung Corcovado. Ketinggian puncak, 2.310 kaki (704 m), akan membuat patung terlihat dari mana saja di Rio. Insinyur Brasil Heitor da Silva Costa dipilih untuk mendesain patung tersebut sementara pematung Prancis Paul Landowski menciptakan karya tersebut. Silva Costa bekerja sama dengan insinyur Prancis Albert Caquot sementara pematung Rumania Gheorghe Leonida membentuk wajah patung itu. Christ the Redeemer, yang dikenal sebagai Cristo Redentor dalam bahasa Portugis asli, selesai dibangun pada tahun 1931. Tingginya 98 kaki (30 m) tidak termasuk alas 26 kaki (8 m). Secara horizontal, lengan Kristus yang terentang mencapai 92 kaki (28 m). Christ the Redeemer telah menjadi simbol Kekristenan di seluruh dunia. Ini adalah ikon budaya Rio de Janeiro dan Brasil. Patung itu terpilih sebagai salah satu dari The New Seven Wonders dalam jajak pendapat abad ke-21 dengan lebih dari 100 juta suara.

7. THE GREAT SPHINX

Lokasi: Giza Plateau, Giza, Mesir

Sculptor: Tidak Diketahui

Tahun: Tidak Diketahui

Salah satu monumen paling terkenal di dunia, Sphinx Agung Giza adalah patung batu kapur raksasa dari sphinx, makhluk mitos dengan tubuh singa dan kepala manusia. Panjangnya 240 kaki (73 m) dari kaki ke ekor; berdiri setinggi 66 kaki (20 m) dari pangkal ke atas kepala; dan lebar 62 kaki (19 m) di paha belakangnya. The Great Sphinx adalah patung monumental tertua yang diketahui di Mesir dan, selama berabad-abad, itu adalah patung terbesar di dunia. Namun, tidak banyak yang diketahui tentang monumen tersebut. Para sarjana tetap berselisih tentang kapan Sphinx Agung dibangun dan untuk siapa. Pandangan yang paling populer adalah bahwa itu mewakili Firaun Khafre dari dinasti ke-4 selama Kerajaan Lama dan dengan demikian dibangun selama pemerintahannya yang berlangsung dari 2558 SM sampai 2532 SM. Menurut beberapa penelitian terbaru, Sphinx dibangun pada 7000 SM yang menunjukkan bahwa patung itu adalah karya peradaban maju yang mendahului orang Mesir kuno. Namun, ahli ilmu Mesir tradisional menolak pandangan ini.