Museum Seni Terunggul di Dunia

Museum Seni Terunggul di Dunia – Dorongan untuk ingin mengumpulkan berbagai hal yang indah dan penting masuk lebih jauh ke dalam sejarah. Museum tak hanya memamerkan tetapi juga melindungi benda-benda seni ini untuk generasi mendatang. Dalam pebahasan ini akan ditampilkan museum terbaik di dunia. Berbagai museum menyimpan beberapa koleksi seni dan barang antik terbesar dan terpenting di planet ini.

1. Louvre

Museum Seni Terunggul di Dunia

Louvre di Paris adalah salah satu museum seni terbesar dan paling banyak dikunjungi di dunia. Museum dibuka pada tahun 1793 dan bertempat di Istana Louvre, bekas istana kerajaan. Piramida kaca terkenal yang berada di halaman utama Istana Louvre ditambahkan pada tahun 1989 dan berfungsi sebagai pintu masuk utama ke museum. Pamerannya berasal dari asal-usul yang beragam seperti Mesir kuno, Yunani klasik dan Roma, Eropa abad pertengahan, dan Prancis Napoleon. Pamerannya yang paling terkenal, tentu saja, adalah lukisan Mona Lisa karya Leonardo da Vinci, yang umumnya ditemukan dikelilingi oleh gerombolan turis yang memancarkan cahaya kamera.

2. Egyptian Museum

Rumah bagi setidaknya 120.000 barang antik Mesir kuno, Museum Mesir di Kairo adalah salah satu museum terbaik dunia. Terdapat dua lantai utama museum, lantai dasar dan lantai satu. Di lantai dasar terdapat banyak koleksi papirus dan koin yang digunakan oleh orang Mesir kuno. Di lantai pertama terdapat artefak dari dua dinasti terakhir Mesir Kuno dan juga banyak artefak yang diambil dari Lembah Para Raja. Sorotan termasuk benda-benda dari Makam Tutankhamen dan Ruang Mumi Kerajaan yang berisi 27 mumi kerajaan dari zaman firaun.

3. Vatican Museums

Didirikan oleh Paus Julius II pada abad ke-6, Museum Vatikan di dalam Kota Vatikan di Roma adalah salah satu museum terbaik di dunia. Museum-museum tersebut paling terkenal dengan tangga spiral, Kamar Raphael, dan Kapel Sistine yang dihias dengan indah. Di bawah perlindungan Paus Julius II, Michelangelo mengecat langit-langit kapel antara tahun 1508 dan 1512. Saat ini, langit-langit, dan terutama Penghakiman Terakhir, secara luas diyakini sebagai pencapaian puncak Michelangelo dalam lukisan.

4. Metropolitan Museum of Art

Metropolitan Museum of Art, juga dikenal sebagai The Met, adalah museum seni yang terletak di tepi timur Central Park di New York City. Bangunan besar bergaya gotik ini, awalnya dibuka pada tahun 1872 dan dengan banyak perluasan ditambahkan dari waktu ke waktu, memiliki ratusan kamar di dua lantai, berisi lebih dari dua juta karya seni dari seluruh sejarah manusia dan di seluruh dunia, mencakup hampir setiap bidang seni yang ada. Selain pameran permanennya, Met mengatur dan menyelenggarakan pertunjukan keliling besar sepanjang tahun.

5. British Museum

Didirikan pada 1753, British Museum di London adalah museum sejarah dan budaya manusia. Koleksinya, yang berjumlah lebih dari tujuh juta objek, termasuk yang terbesar dan terlengkap di dunia dan berasal dari semua benua, menggambarkan dan mendokumentasikan kisah budaya manusia dari awal hingga saat ini. Objeknya termasuk Batu Rosetta, kunci untuk menguraikan hieroglif, dan koleksi mumi terbesar di luar Mesir. Ini salah satu tujuan teratas di London.

6. Uffizi Gallery

Uffizi Gallery di Florence, Italia, adalah salah satu museum seni tertua dan paling terkenal di dunia. Museum itu bertempat di Palazzo degli Uffizi yang dibangun pada abad ke-16 sebagai kantor hakim Florentine. Koleksi lukisan dan patung Renaisans dari zaman kuno klasik luar biasa. Termasuk adalah The Birth of Venus oleh Sandro Boticelli. Seringkali ada antrean panjang bahkan sebelum pintu terbuka.

7. Hermitage Museum

Didirikan pada tahun 1764 oleh Catherine yang Agung, Hermitage Museum di Saint Petersburg, Rusia adalah museum seni dan budaya besar yang menampilkan sorotan dari koleksi lebih dari 3 juta barang yang tersebar di seluruh dunia. Sebuah objek wisata yang populer, Hermitage benar-benar salah satu museum terbaik di dunia, dengan pengaturan yang memamerkan karya-karya tak ternilai dari Rembrandt, Da Vinci, Michealangelo, Rubens dan banyak lagi. Koleksinya menempati kompleks besar enam bangunan bersejarah termasuk Winter Palace, bekas kediaman kaisar Rusia.

8. Museum of Modern Art

Museum Seni Terunggul di Dunia

Museum of Modern Art (MoMA), yang terletak di Midtown Manhattan di New York City, sering diidentifikasikan sebagai museum seni modern paling berpengaruh di dunia. Ini bisa dibilang berisi koleksi mahakarya modern terbaik di seluruh dunia termasuk Lili Air Monet, Les Demoiselles d’Avignon dari Picasso, dan van Gogh’s Starry Night. Selain karya seni, salah satu daya tarik utama MoMA adalah bangunannya itu sendiri. Labirin jalan setapak kaca memungkinkan pemandangan seni dari berbagai sudut. Pada tahun 2004, sebuah face-lift senilai $ 425 juta oleh Yoshio Taniguchi meningkatkan ruang pameran museum hampir 50%.

9. Guggenheim Museum Bilbao

Dirancang oleh Frank Gehry, Guggenheim Museum di Bilbao, Spanyol adalah museum seni modern berbalut titanium yang spektakuler dan mungkin bangunan paling terkenal di tahun 1990-an. Lekukan yang anggun dan sensual, menggugah kapal yang dulu ada di mana-mana di sepanjang dermaga Bilbao, ditutupi dengan kotak titanium, yang menyerupai sisik ikan dan kilau di bawah sinar matahari. Museum ini menampilkan pameran permanen dan pameran karya seniman Spanyol dan internasional.

10. National Palace Museum

National Palace Museum di Taipei memiliki koleksi artefak dan karya seni Tiongkok kuno terbesar di dunia. Museum ini awalnya didirikan sebagai Palace Museum di Beijing’s Forbidden City pada tahun 1925, tak lama setelah pengusiran kaisar terakhir Tiongkok. Pada tahun-tahun terakhir Perang Saudara Tiongkok, barang-barang paling berharga dalam koleksi museum dipindahkan ke Taiwan. Pada saat barang tiba di Taiwan, tentara komunis telah menguasai Museum Istana.

11. Museo Nacional de Antropologia

Museo Nacional de Antropología (atau National Museum of Anthropology) di Mexico City berisi artefak arkeologi dari warisan pra-Columbus Meksiko. Dibuka pada tahun 1964 oleh, museum ini memiliki sejumlah pameran penting, seperti kepala batu raksasa dari peradaban Olmec dan Cenote Suci dari Chichen Itza. Namun, artefak yang paling terkenal adalah Stone of the Sun yang sebenarnya tidak digunakan sebagai kalender tetapi berisi tanda-tanda 20 hari dan 4 era matahari yang mendahului matahari ke-5 saat ini.

12. Prado Museum

Salah satu museum terbaik di Spanyol, Museum Prado di Madrid menampilkan beberapa koleksi seni Eropa terbaik, dari abad ke-12 hingga awal abad ke-19. Karya paling terkenal yang dipamerkan di museum ini adalah Majas of Goya (La Maja Vestida dan La Maja Desnuda) dan Las Meninas oleh Velázquez. Velázquez tidak hanya menyediakan Prado dengan karyanya sendiri, tetapi mata tajam dan kepekaannya juga bertanggung jawab untuk membawa banyak koleksi bagus museum dari master Italia ke Spanyol.

13. Rijksmuseum

Rijksmuseum di Amsterdam adalah museum seni dan sejarah terbesar dan paling bergengsi di Belanda. Ini memiliki banyak koleksi lukisan dari Dutch Golden Age termasuk karya Vermeer dan Rembrandt. Hingga 2013, museum sedang direnovasi total, tetapi mahakarya utamanya masih dipamerkan.

14. Tokyo National Museum

Didirikan tahun 1872, Tokyo National Museum adalah museum tertua dan terbesar di Jepang. Koleksi museum berfokus pada seni Jepang kuno dan seni Asia di sepanjang Silk Road. Ada juga banyak koleksi seni Buddha-Yunani.